TOKOH-TOKOH SENI POSTER

1. Jules Cheret

Gambar Jules Cheret

Lahir di Paris untuk keluarga miskin tapi kreatif pengrajin, Cheret memiliki pendidikan yang sangat terbatas. Pada usia tiga belas tahun, ia mulai magang tiga tahun dengan lithographer dan kemudian minatnya dalam lukisan menyebabkan dia untuk mengambil kursus seni di École Nationale de Dessin. Seperti kebanyakan artis yang masih muda lainnya, Cheret mempelajari teknik berbagai seniman, masa lalu dan sekarang, dengan mengunjungi Paris museum.
Dari 1859-1866, ia dilatih di litografi di London, Inggris, di mana ia sangat dipengaruhi oleh pendekatan Inggris untuk desain poster dan pencetakan. Saat kembali ke Prancis, Cheret membuat iklan poster hidup untuk kabaret, ruang musik, dan teater seperti Eldorado, Olympia, Folies Bergère, Théâtre de l'Opéra, Alcazar d'Ete dan Moulin Rouge. Dia menciptakan poster dan ilustrasi untuk satir mingguan Le Courrier français.
Karya-karyanya dipengaruhi oleh adegan kesembronoan digambarkan dalam karya-karya seniman Rococo seperti Jean-Honoré Fragonard dan Antoine Watteau. Begitu banyak permintaan adalah dia, bahwa ia memperluas bisnisnya untuk menyediakan iklan untuk drama rombongan touring, festival kota, dan kemudian untuk minuman dan minuman keras, parfum, sabun, kosmetik dan produk farmasi. Akhirnya ia menjadi kekuatan iklan besar, menambahkan perusahaan kereta api dan sejumlah bisnis manufaktur ke daftar kliennya.
Seperti karyanya menjadi lebih populer dan poster besar nya menampilkan perempuan sederhana berjiwa bebas menemukan audiens yang lebih besar, pakar mulai memanggilnya "ayah dari pembebasan perempuan." Betina sebelumnya telah digambarkan dalam seni sebagai pelacur atau puritan. Para wanita poster Cheret ini, gembira, elegan dan hidup-'Cherettes', karena mereka populer disebut-yang tidak. Itu membebaskan bagi perempuan dari Paris, dan digembar-gemborkan suasana terasa lebih terbuka di Paris di mana perempuan mampu untuk terlibat dalam kegiatan sebelumnya tabu, seperti memakai bodices berpotongan rendah dan merokok di depan umum. Ini 'Cherettes' secara luas dilihat dan diakui, dan penulis waktu itu mengatakan "Sulit untuk membayangkan Paris tanpa nya 'Cheréts' ."
Pada tahun 1895, Cheret menciptakan koleksi Maitres de l'Affiche, sebuah publikasi seni yang signifikan dari reproduksi berukuran lebih kecil menampilkan karya-karya terbaik dari sembilan puluh tujuh seniman Paris. Kesuksesannya terinspirasi sebuah industri yang melihat munculnya generasi baru desainer poster dan pelukis seperti Charles Gesmar dan Henri de Toulouse-Lautrec. Salah satu muridnya adalah Georges de Feure.
Dalam usia tuanya Cheret pensiun ke iklim yang menyenangkan dari Riviera Perancis di Nice. Dia meninggal pada tahun 1932 pada usia sembilan puluh enam dan dikebumikan di Cimetière Saint-Vincent di Montmartre kuartal Paris.
Ia dianugerahi Legion d'honneur oleh Pemerintah Perancis pada tahun 1890 untuk kontribusi luar biasa kepada seni grafis. Meskipun lukisannya membuatnya mendapatkan rasa hormat tertentu, itu adalah pekerjaan membuat poster iklan nya, diambil pada hanya untuk membayar tagihan, tapi akhirnya dedikasinya, yang ia dikenang hari ini.
Pada tahun 1933 ia dihormati dengan pameran anumerta karyanya di Salon d'Automne bergengsi di Paris. Selama bertahun-tahun, poster Cheret ini menjadi banyak dicari oleh kolektor dari seluruh dunia.

Contoh karya-karyanya :



2.Henri de Toulouse-Lautrec

Gambar Henri de Toulouse-Lautrec


Henri de Toulouse-Lautrec adalah anak dari keluarga yang makmur sehingga tidak ada hambatan berarti dalam belajar.Hal ini juga yang membuat ia tidak memiliki kesulitan untuk menikmati hidup dan mengamati kehidupan orang-orang yang dilukisnya, yaitu di klub, di cafe, dan di panggung tari.Ketika de Toulouse-Lautrec menginjak usia 14 tahun, ia mengalami patah pada kedua kaki.Hal tersebut membuat ia memilih bidang yang tanpa harus menggunakan kakinya terlalu banyak, yaitu melukis.Ia menjadi tokoh yang penuh pengabdian terhadap pekerjaannya.Gaya lukisannya beraliran impresionisme.Ia sering membuat lukisan dengan papan kayu bergaya Jepang.Hal ini menjadikannya pelukis yang khas dan original.Ia melakukan aktivitas melukisnya di daerah yang banyak dikunjungi orang, di tengah keramaian, misalnya di daerah Montmartre, seperti di Moulin Rouge.Objek lukisannya banyak bicara tentang dunia perempuan, misalnya ia melukis biduan-biduan, pelacur, penari, artis sirkus, dan perempuan yang biasanya hadir di acara olah raga pacuan kuda.Ia menggambarkan watak dan karakter objek yang ia lukis secara mendalam baik dengan melukis secara proporsional sesuai asli maupun dalam lukisan karikatur.Ia menciptakan kurang lebih 1000 lukisan dan 5000 gambar serta 350 poster selama hidupnya.Beberapa subjek yang ia lukis, biduan-biduan di kota Paris, Yvette Guilbert, Jane Avril, dan la Goulue. Toulouse-Lautrec juga mengerjakan lukisan yang diperuntukkan sebagai iklan atau reklame.Lukisannya sangat berpengaruh dalam dunia komersial.
Contoh karya-karyanya :




3.Eugene Grasset

Gambar  Eugene Grasset
Grasset lahir di Lausanne, Swiss, tahun kelahirannya kadang-kadang dinyatakan sebagai 1841. Ia dibesarkan di lingkungan yang artistik sebagai anak kabinet desainer / pembuat dan pematung. Ia belajar menggambar bawah Francois-Louis David Bocion (1828-1890) dan pada tahun 1861 pergi ke Zürich untuk belajar arsitektur. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia mengunjungi Mesir, sebuah pengalaman yang kemudian akan tercermin dalam sejumlah desain poster. Ia menjadi pengagum seni Jepang, yang dipengaruhi beberapa desain nya. Antara 1869 dan 1870, Grasset bekerja sebagai pelukis dan pematung di Lausanne. Dia pindah ke Paris pada tahun 1871 di mana ia merancang furnitur, kain dan permadani serta keramik dan perhiasan. seni rupa potongan dekoratif Nya dibuat dari gading, emas dan bahan berharga lainnya dalam kombinasi unik dan ciptaan-Nya dianggap sebagai landasan motif dan pola Art Nouveau.
Pada tahun 1877 Eugène Grasset berpaling ke desain grafis, menghasilkan produk yang menghasilkan pendapatan seperti kartu pos dan perangko akhirnya ongkos kirim untuk Prancis dan Swiss. Namun, itu poster seni yang cepat menjadi keahliannya. Beberapa karyanya menjadi bagian dari Maitres de l'Affiche termasuk litograf nya, "Jeanne d'Arc Sarah Bernhardt." Pada tahun 1890, ia merancang "Semeuse yang menyebar benih-benih dandelion" logo yang digunakan oleh penerbit kamus, Éditions Larousse.
Dengan semakin populernya poster Perancis di Amerika Serikat, Grasset segera dihubungi oleh beberapa perusahaan Amerika. Di tahun 1880-an, dia komisi pertama Amerika dan lebih sukses menyebabkan desain cover-nya untuk 1892 edisi Natal majalah Harper. Pada tahun 1894 Grasset diciptakan "The berbulu Horse" dan "The Sun Austerlitz" untuk The Century Magazine untuk membantu mengiklankan cerita serial mereka pada kehidupan Napoleon Bonaparte. The "Wooly Horse" image terbukti sangat populer sehingga Louis Comfort Tiffany diciptakan dalam kaca patri. kerja Grasset untuk institusi AS membantu membuka jalan bagi Art Nouveau mendominasi seni Amerika.
Grasset mengajar desain di École Guérin 1890-1903, di École d'Art Grafik di Madame rue 1903-1904, di Académie de la Grande Chaumière 1904-1913 dan di École Estienne di Paris. Di antara murid-muridnya Paul Berthon, Georges Bourgeot, Paul Follow, Marcelle Gaudin, Augusto Giacometti, Arsene Herbinier, Anna Martin, Mathurin Méheut, Juliette Milési, Otto Ernst Schmidt, Auguste Silice, Maurice Pillard Verneuil, Aline Poitevin, Pierre Selmersheim, Tony Selmersheim , Camille Gabriel Schlumberger, Eliseu Visconti, dan Philippe Wolfers
Pada Pameran Universal 1900 di Paris, yang pabrik huruf G. Peignot et Fils, memperkenalkan "Grasset" jenis huruf, desain Miring Eugène Grasset diciptakan pada tahun 1898 untuk digunakan pada beberapa poster nya.
Eugène Grasset meninggal pada 1917 di Sceaux di département Hauts-de-Seine, sebelah barat daya dari Paris.

Contoh karya-karyanya :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP CETAK DATAR

PRINSIP-PRINSIP CETAK TINGGI